Inilah yang Tak Diketahui Wanita Soal Seks

Survei menemukan beberapa hal mengejutkan mengenai fakta seks yang ada selama ini..Anda mungkin merasa cukup memiliki pengetahuan mengenai seks. Tetapi, sebuah studi yang melibatkan wanita dan pria berusia 18-29 tahun, menyimpulkan ada beberapa asumsi dan kepercayaan yang salah soal kehamilan dan pencegahan penyakit menular seksual (STD).

Berdasarkan survei Kampanye Nasional Pencegahan Seks Usia Dini dan Kehamilan yang tak Diinginkan, sebagian besar menyetujui pentingnya melakukan seks secara aman. Tetapi banyak di antaranya tidak tahu cara mempraktekkan hal tersebut. Survei menemukan beberapa hal mencengangkan mengenai kepercayaan seks yang ada selama ini.

1. Mitos: Jika tidak hamil (atau hamil) akibat seks yang tidak terlindungi, mungkin Anda tidak akan hamil. (Secara mengejutkan, sebanyak 59 persen wanita berpikir mereka tidak subur jika tidak hamil akibat hubungan tanpa perlindungan.)

Fakta: Hanya karena hubungan tanpa pengaman tidak menyebabkan kehamilan bukan berarti mereka tidak subur, kecuali dokter menyimpulkan demikian. Hubungan seks selama setahun yang tidak memakai kondom memiliki kemungkinan 85 persen terjadinya kehamilan.


2. Mitos: Mengkonsumsi pil KB lebih beresiko terhadap kesehatan wanita daripada kehamilan dan kelahiran. (Lebih dari sepertiga-37 persen wanita muda mengatakan minum pil KB selama setahun lebih beresiko terhadap kesehatan mereka daripada memiliki anak.)

Fakta: Hamil memiliki resiko 20 kali lebih besar daripada meminum pil KB.


3. Mitos: Dua kondom lebih baik daripada satu. (28 persen pria percaya bahwa menggunakan dua kondom memberi perlindungan ekstra)

Fakta: Dua kondom sebenarnya lebih buruk daripada satu kondom. Sebab, penggunaan dua kondom dalam satu kali pemakaian meningkatkan resiko kehamilan. Memakai dua kondom menyebabkan gesekan diantara keduanya yang terbuat dari lateks. Satu kondom yang dipakai dengan tepat melindungi infeksi yang ditularkan lewat aktivitas seksual serta mencegah kehamilan.

Beberapa hal penting lain dalam survei ini di antaranya:



4. Generasi muda percaya bahwa melakukan hubungan seksual dengan posisi berdiri efektif mencegah kehamilan. 

Anggapan ini sama sekali salah. Wanita bisa saja hamil apapun posisi hubungan seksual, apakah berdiri, duduk dalam bathtub, kasur, sofa, mobil dan sebagainya.


5. 90 persen percaya mereka memiliki pengetahuan seks yang mereka butuhkan untuk mencegah kehamilan. 

Enam di antara 10 orang mengetahui hanya sedikit atau tidak tahu apa-apa mengenai penggunaan pil KB.. Sedangkan tiga dari 10 orang mengaku tidak mengetahui atau sedikit tahu tentang kondom. ( vivanews.com )




No comments:

Post a Comment